Bikin Antena 3G Sederhana

Sebenarnya udah sebulan lebih pakai antena sederhana ini, jadi kalau menjadi basi ya dimaapkan saja ;p
Awal mula pembuatan antena ini cuman iseng iseng aja sekaligus mau mengukur kekuatan signal dan memiliki sebuah antena indoor yang praktis mungil dan tidak terlalu ribet mbuatnya.
Singkat cerita baca sana baca sini yang belom terlalu dimengerti, sebenarnya mau buat antena yagi, karena bisa mengcover frekuensi yang berbeda, tapi apalah daya, harus membeli perangkat tambahan berupa pigtail. Antena wajanbolic wifi yang berfrekuensi 2.4 Ghz dapat juga digunakan dengan cara mentuning frekuensinya menjadi 2.1 Ghz. tetapi kedua antena diatas berukuran lumayan besar, tidak terlalu sedap dipandang jika ditaruh dalam kamar dan lebih cocok jika dijadiin antena outdoor.

(antena yagi kiri, antena wajanbolic kanan)

Akhirnya menurunkan derajad dengan membuat antena parabolik saja, lagipula tidak ada pengukuran yang terlalu rumit untuk frekuensi yang berbeda (GPRS/EDGE/3G/HSDPA). Antena parabolik mirip dengan wajanbolik, tapi tidak menggunakan feeder (pada gambar, feeder ditunjukkan pada pipa pralon yang memanjang). Bisa saja langsung menggunakan wajan/tutup panci, kemudian modem sierra 885 diletakkan di tengah tengah wajan, tapi ya lucu aja ada wajan di kamar (kwok kwok kwok).
Bahan bahan yang saya gunakan adalah pipa bekas dan kassa nyamuk bekas, biar irit seirit iritnya :p
Untuk membuatnya, ketahui dulu rumus parabolik untuk menentukan fokus peletakan modem

dimana: F adalah titik fokus
            D adalah diameter parabola
            d adalah kedalaman parabola

Lupa baca di buku mana, tetapi dulu waktu pembuatan wajanbolic wifi, nilai F/D haruslah diatas 0.5. Nah karena ide awalnya adalah membuat antena mini, jadi saya menentukan dulu berapa panjang titik fokus, kemudian mencari diameter dan kedalaman parabola. Panjang titik fokus saya tentuin 12 cm. Nilai F/D saya ambil 0.6, jadi nilai D nya didapat 20 cm. Kemudian dimasukkan nilai F dan D untuk mencari nilai d, sehingga didapat nilai d adalah 2.08 cm.

Dah didapat itung itungannya, sekarang tinggal buatnya. Siapin bahan bahannya yaitu :
- pralon 3/4' panjang 12cm dan dop(tutup) pralon 1 biji
- kassa nyamuk panjang 20 cm, lebar terserah
- benang jahit secukupnya

Kassa nyamuk di bengkokkan sampai terbentuk kedalaman 2.08 cm. Untuk menjaga agar kedalamannya tetap 2.08, maka antara ujung yang satu dengan yang lain diikat dan dikencangkan. kemudian titik tengah kassa di bolongin dan dipasangin dop pralon. Kemudian pralon 3/4 dipasang pada dop tersebut. Ntar jadinya seperti dibawah ini :

(sory kalau antenanya buluk, soalnya pake barang bekas semua)

Itu ada saya buat dudukan, biar bisa diputar 180 derajat, jadi kalau diarahin keatas bisa nembak sinyal pesawat alien yang lewat :p
Pengarahan antena ke arah tower operator (BTS) haruslah pelan pelan, biar didapat sinyal yang manteb

Hasil Pengukuran
Tiap pengukuran masing masing titik dilakukan sebanyak 3x dengan cara mencabut  dan mencolokkan modem biar didapat sinyal yang jelas. Semakin mendekati angka 0, berarti sinyal makin bagus, misalnya antara -70dBm dengan -60dBm lebih bagus nilai -60dBm.

Pengukuran menggunakan Mobile Data Monitoring Application didapat sinyal -59dBm

Kekuatan sinyal jika tanpa antena didapat -75dBm

Sebelum memakai antena, posisi modem selalu saya letakkan diposisi bawah ini, dapat sekitar -65dBm.

Belom tes jika memakai operator lain yang berada di jaringan 3G atau HSDPA, jadinya tes dilakukan di jaringan EDGE, tetapi dari karakteristik parabolik yang tidak memperhitungkan frekuensi, mungkin saja ada perubahan sinyal pada jaringan yang lain dan so pasti belom tentu juga antena ini bekerja dengan baik, tergantung lokasi juga yah, kalau berada nan jauh dihutan sono ya pasti beda pengukuran dan kekuatan sinyal yang didapat :p

Tapi buat iseng iseng worthed lah ni antena :D

Artikel Terkait


Selamat! anda sudah membaca ocehan ga jelas dari saya. Silahakan di copy atau disebarkan ke tempat lain jika dirasa ocehan ini bermanfaat bagi orang lain, tapi jangan lupa sertakan link sumber dari blog ini yaitu blog TheCampurAduk. Terimakasih.
Mau dapat update ocehan TheCampurAduk via email?

6 comments:

Anonim mengatakan...

Dsapto : masih aja tetep kreatif loe bre...

thecampuraduk mengatakan...

bukan kreatip, tapi kere aktip ;p

Ego Dafma Dasa mengatakan...

thank's atas infonya.sangat kreatif sekali.saya juga ingin coba.semoga blognya sukses selalu.

thecampuraduk mengatakan...

ego: thanx sob udah mampir :D
saya ga tanggung jawab kalau ga berhasil antenanya :p

elyas pikal (8b - SMP4 cepu) cecoak elektronic mengatakan...

hehehe unik bro........!!!!!!!
tapi gw punya cerita mas.....
gw kan make wajan bolic dah jadi
gw arahin ke bts 3data sinal pull tank 100% tapi gk dapet hdspa.nelpon si bisa
tapi kalo arahnya gw ganti misal kebawah tanah malah dapet signal hdspa...tapi di calll 111 kagak mau ????????????? parah
ya tanksya

thecampuraduk mengatakan...

cecoak: coba cek titik fokusnya bener ga? karena klw salah perhitungan sinyalnya bisa balik loh alias terjadi pelemahan sinyal :D

Posting Komentar

Silahkan komen, atau kalau ada yang mau tukeran link blog, saya akan sangat senang sekali. Tinggalkan saja koment tukeran link di salah satu post, pasti akan saya tanggapi. Terimakasih.