Asteroid Besar Akan Menghantam Antartika Pada 2012

Maksud hati browsing browsing nyari yang kocak kocak malah nemu artikel beginian. Kebetulan berita ini lagi hangat hangatnya di negeri seberang dan sebelum diberitakan oleh media televisiong yang senang mengumbar kiamat di tahun 2012, alangkah baiknya di posting saja. Sory kalau bahasa tidak memuaskan. Cekidot

Seorang profesor dari University of British Columbia menerbitkan sebuah artikel online tentang perkiraan ancaman asteroid sebesar 800 meter yang akan menghantam Antartika pada musim gugur 2012. Artikelnya dimuat pada situs www.phas.ubc.ca selama 2 hari sebelum akhirnya menghilang dari peredaran (baru tau kalau setiap batuan dari angkasa yang menuju bumi akan dianggap rahasia dan tidak boleh dipublikasikan - military classified).
Data awal dikumpulkan oleh balon udara yang dilengkapi teleskop (BLAST) di McMurdo Station, Antartika, yang kemudian dilacak oleh teleskop Kanada-Perancis-Hawai di Mauna Kea, sebuah teleskop yang memungkinkan untuk mengambil gambar paling tajam yang dapat diperoleh dari tanah.

Hipotesis dari artikel tersebut menyatakan bahwa 94% kemungkinan tumbukan asteroid akan terjadi pada daerah  Filchner-Ronne dan menyebabkan 2/3 dari es di Antartika runtuh ke laut. Artikel tersebut memperkirakan bahwa keruntuhan total dari semua es di Antartika akan terjadi dalam waktu 2-4 bulan setelah tumbukan. Hantaman cukup dalam akan membuat lapisan es retak seperti jendela pecah dan keruntuhan seluruhnya tak dapat dihindari. Jika es di Antartika telah meleleh habis, maka hal tersebut akan menaikkan tinggi lautan sekitar 70 meter.

Satu minggu setelah artikel ini menghilang, astronot Kanada dan Amerika mengatakan bahwa dunia perlu mempersiapkan untuk "satu yang besar" - hantaman asteroid yang suatu saat bisa menghancurkan bumi. Presiden Asosiasi Penjelajah Ruang Angkasa Chris Hadfield yang merupakan Veteran astronot Kanada, telah menyiapkan laporan terperinci mengenai ancaman asteroid. Badan luar angkasa Canada bermaksud untuk meluncurkan NEOSSat bulan Maret mendatang untuk mencari asteroid yang mungkin bersembunyi dekat matahari. Satelit itu akan mengorbit sekitar 700 kilometer di atas bumi, dan diharapkan dapat mendeteksi ratusan asteroid baru selama tahun pertama operasinya. Satelit tersebut juga akan memantau jalur lalu lintas satelit yang mengorbit Bumi untuk mencegah kemungkinan tabrakan.

Sayang sekali nama profesornya tidak disebutkan, dan kehadiran berita seperti ini tentu akan menambah daftar panjang para penggila kiamat 2012 untuk semakin mempercayai hal tersebut.
Kalau informasinya kurang jelas, bisa di baca disini, dan beberapa link diatas sebagai tambahan informasi.

Artikel Terkait


Selamat! anda sudah membaca ocehan ga jelas dari saya. Silahakan di copy atau disebarkan ke tempat lain jika dirasa ocehan ini bermanfaat bagi orang lain, tapi jangan lupa sertakan link sumber dari blog ini yaitu blog TheCampurAduk. Terimakasih.
Mau dapat update ocehan TheCampurAduk via email?

1 comments:

tablet android mengatakan...

mudah2n tdk terjadi ya! Btw klo pasang iklan ditengah2 paragrap gtu gmn mas caranya?

Posting Komentar

Silahkan komen, atau kalau ada yang mau tukeran link blog, saya akan sangat senang sekali. Tinggalkan saja koment tukeran link di salah satu post, pasti akan saya tanggapi. Terimakasih.