Mengapa Bulan Terlihat Berwarna Merah Saat Terjadi Gerhana?

Pada dinihari tanggal 16 juni 2011 waktu Indonesia setempat terjadi gerhana Bulan dengan durasi sekitar 1 jam 40 menit. Yang menarik ketika terjadi puncak gerhana, Bulan terlihat sangat merah. Apa yang menyebabkan Bulan terlihat berwarna merah? Adakah alien yang menyebar bubuk gincu merah di langit Bulan? :p


Alasannya berasal dari udara yang kita hirup. Jika Bumi tidak memiliki udara, maka pada saat terjadi gerhana Bulan, bayangan Bumi pada Bulan akan muncul berwarna hitam. Terdapatnya udara di Bumi menyebabkan  sinar Matahari dapat menyaring melalui atmosfer Bumi ke bayangan di bulan. Hal inilah yang menyebabkan Bulan tampak merah saat gerhana total.


Tetapi warna yang ditampilkan tidak selalu berwarna merah. Gerhana Bulan yang terjadi dapat berwarna cokelat, merah, oranye atau kuning. Warna tersebut tergantung pada kehadiran debu dan awan di atmosfer Bumi. Jika telah terjadi letusan gunung berapi besar, misalnya, bayangan di Bulan akan terlihat gelap di seluruh gerhana. Pada Desember 1992, tidak lama setelah letusan Gunung Pinatubo di Filipina, ada begitu banyak debu di atmosfer Bumi sehingga Bulan terhalang dan nyaris tidak terlihat.

Lalu bisakah kita mengetahui terlebih dahulu warna merah Bulan akan muncul selama gerhana Bulan total terjadi? Belum tentu sebelum gerhana terjadi, sebelumnya akan banyak spekulasi tentang hal ini, tetapi tidak ada yang tahu pasti seberapa merah Bulan akan muncul ketika waktu gerhana datang. Bukankah menunggu warna yang muncul pada saat gerhana terjadi adalah sebuah hal yang menyenangkan?

Dan bersyukurlah tahun ini di wilayah Indonesia dapat disaksikan 2 kali pengamatan gerhana bulan, yaitu tanggal 16 Juni 2011 dan gerhana Bulan berikutnya terjadi pada tanggal 10 Desember 2011.

Sumber dan gambar: Earthsky

Artikel Terkait


Selamat! anda sudah membaca ocehan ga jelas dari saya. Silahakan di copy atau disebarkan ke tempat lain jika dirasa ocehan ini bermanfaat bagi orang lain, tapi jangan lupa sertakan link sumber dari blog ini yaitu blog TheCampurAduk. Terimakasih.
Mau dapat update ocehan TheCampurAduk via email?

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan komen, atau kalau ada yang mau tukeran link blog, saya akan sangat senang sekali. Tinggalkan saja koment tukeran link di salah satu post, pasti akan saya tanggapi. Terimakasih.