Bola Api Misterius Lintasi Amerika

Terbang melesat di kegelapan malam, sebuah bola api menakhjubkan melintas di tenggara Amerika Serikat (12/1) malam silam, membuat terpesona para pengamat perbintangan.

Pihak berwenang mengatakan, kilatan cahaya misterius yang dapat dilihat dari Oklahoma hingga Florida itu, kemungkinan besar adalah meteorit.

Benda yang diperkirakan tidak lebih besar dari kerikil tersebut telah nyasar dari kumpulan puing hujan meteor belum lama ini.

Beberapa orang melaporkan, semburat hijau dari kilatan cahaya itu, menunjukkan bahwa benda tersebut mengandung tembaga.

Benda angkasa ini diabadikan oleh Bryan Bergon, saat ia sedang keluar memperhatikan rasi bintang Orion.

Badan Meteorolgi Nasional mengatakan bahwa mereka telah menerima puluhan telepon mengenai obyek tak dikenal tersebut.

Randle Drane, Emergency Management Director Distrik Copiah, Mississippi, mengatakan warga telah melihat kilatan cahaya yang disusul bunyi ledakan secara tiba-tiba.

“Dinas Pemadam Kebakaran berusaha menelusuri benda mengejutkan itu dengan berbagai upaya,” ujar Mr. Drane.

Sherif dari Distrik Sebastian, Arkansas, mengatakan hampir dapat dipastikan meteorit yang telah menghantam Poteau Mountain, Oklahoma.

Banyak laporan secara tidak benar menyebut benda itu adalah sebuah meteor. Perbedaannya adalah apakah benda itu membentur Bumi atau tidak.

Jika benda itu menguap di atmosfir Bumi, berarti benda itu adalah sebuah meteor. Jika telah mencapai permukaan Bumi, berarti benda tersebut adalah meteorit. (Meteorit adalah sebuah obyek--yang terlalu kecil disebut sebagai asteroid—bergerak melintasi ruang angkasa namun tidak memasuki atmosfir Bumi).
Erabaru


Artikel Terkait


Selamat! anda sudah membaca ocehan ga jelas dari saya. Silahakan di copy atau disebarkan ke tempat lain jika dirasa ocehan ini bermanfaat bagi orang lain, tapi jangan lupa sertakan link sumber dari blog ini yaitu blog TheCampurAduk. Terimakasih.
Mau dapat update ocehan TheCampurAduk via email?

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan komen, atau kalau ada yang mau tukeran link blog, saya akan sangat senang sekali. Tinggalkan saja koment tukeran link di salah satu post, pasti akan saya tanggapi. Terimakasih.