Seberapa Kuat/Amankah Password Kamu?

Bah...judulnya macam aplikasi tebak tebakan hasil di facebook aja :p

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa beberapa password (kata sandi) mungkin sulit untuk ditebak bila dibandingkan dengan yang lain. Tetapi sebuah tool online baru memungkinkan untuk melihat seberapa banyak variasi yang ada dan waktu yang di butuhkan untuk memecah (baca:jebol) pasword tersebut.

Adalah www.howsecureismypassword.net yang akan mengkalkulasi waktu yang dibutuhkan sebuah PC desktop untuk memecahkan sebuah password dengan menggunakan metode brute force attack (mencoba setiap kemungkinan kombinasi karakter). Tinggal masukkan saja password yang ingin kamu ketahui tingkat keamanannya, dan wallaa.....


Oh ya jika ingin mencoba situs ini, dan merasa tidak yakin bahwa website tersebut tidak akan menyimpan password yang kamu masukkan, alangkah baiknya mencoba dengan password yang mirip. Misal, password yang ingin kamu ketahui tingkat keamanannya adalah thecampuraduk2010, maka pada website tersebut masukkan saja password misal thecampurayam5131 atau tehcampurayam0802 dan lain lain :D

Dan ketika saya coba, membutuhkan waktu sekitar 607 ribu tahun untuk memecahkan password diatas menggunakan metode brute force attack.


Kalkulasi matematikanya cukup sederhana: semakin pendek karakter yang dimasukkan, maka semakin cepat waktu yang di butuhkan, begitu juga sebaliknya. Penambahan karakter angka, huruf bahkan tanda baca maupun karakter lainnya akan menambah tingkat kesulitan sebuah password untuk ditebak.



Untuk mendapat gambaran seberapa kuat/aman sebuah password, coba lihat waktu yang dibutuhkan untuk memecahkan kombinasi password menggunakan metode brute force attack di bawah ini:
Hanya huruf:
6 huruf: 30 detik
7 huruf: 13 menit
8 huruf: 5 jam
9 huruf: 6 hari
10 huruf: 163 hari
11 huruf: 11 tahun
12 huruf: 302 tahun

Huruf dan angka:
6 karakter: 3 menit
7 karakter: 2 jam
8 karakter: 3 hari
9 karakter: 117 hari
10 karakter: 11 tahun
11 karakter: 417 tahun
12 karakter: 15 ribu tahun

Huruf, angka dan karakter lain:
6 karakter: 23 menit
7 karakter: 18 jam
8 karakter: 38 hari
9 karakter: 5 tahun
10 karakter: 252 tahun
11 karakter: 12 ribu tahun
12 karakter: 607 ribu tahun

Yang perlu diperhatikan adalah ketika seseorang merubah passwordnya dari hanya 6 huruf saja, kemudian menambahkan 2 karakter tambahan (huruf,angka,tanda baca) terjadi perubahan signifikan waktu yang dibutuhkan, dari 30 detik menjadi 38 hari, yang tentu saja menambah keamanan dari password tersebut.

Jadi, sudah amankah password anda?


Artikel Terkait


Selamat! anda sudah membaca ocehan ga jelas dari saya. Silahakan di copy atau disebarkan ke tempat lain jika dirasa ocehan ini bermanfaat bagi orang lain, tapi jangan lupa sertakan link sumber dari blog ini yaitu blog TheCampurAduk. Terimakasih.
Mau dapat update ocehan TheCampurAduk via email?

4 comments:

Ego Dasa mengatakan...

thanks atas infonya.saya coba langsung semua password punya saya,baik password fb,twitter,gmail,blog,wordpress dll.

thecampuraduk mengatakan...

ok sb, sama sama

ssappurisa mengatakan...

keren....patut dicoba !

thecampuraduk mengatakan...

silahken :D

Posting Komentar

Silahkan komen, atau kalau ada yang mau tukeran link blog, saya akan sangat senang sekali. Tinggalkan saja koment tukeran link di salah satu post, pasti akan saya tanggapi. Terimakasih.