Spesies Baru Di Temukan Di Madagaskar

Seekor mahluk karnivora yang lebih mirip dengan luwak ditemukan di lahan basah Madagaskar. Tukang foto ahli biologi mengabadikan foto makhluk tersebut saat melakukan survei terhadap hewan lemur pada tahun 2004. Hewan ini lebih mirip musang berekor coklat, dan dinamakan Vontsira Durrell's (Salanoia durrelli) untuk menghormati Gerald Durrell.


Para ilmuwan pertamakali menggambarkan hewan itu seukuran kucing  dalam jurnal Sistematika dan Keanekaragaman Hayati. Sebuah tim dari Durrell Wildlife Conservation Trust pertama kali melihat hewan mamalia itu berenang di danau selama perjalanan lapangan di tahun 2004. Karena menganggap hewan tersebut adalah spesies baru, mereka kemudian memfotonya agar ilmuwan zoologi dapat menelitinya lebih lanjut.

Sebuah tim kemudian kembali dikirimkan kedaerah tersebut pada tahun 2005, menangkap salah satu hewan dan mengambil pengukuran detail serta sampel darah dan jaringan.
Dalam ekspedisi yang sama, para ilmuwan mengirimkan satu spesimen yang sudah mati ke Natural History Museum di London. Di sana, ahli zoologi kemudian membandingkan makhluk tersebut yang memiliki kesamaan dekat dengan Vontsira ekor coklat, dan akhirnya mengkonfirmasi identitas mahluk tersebut.
Vontsira Durrell dan Vontsira ekor coklat adalah sama, tetapi memiliki corak warna yang berbeda, kata Dr. Paula Jenkins, seorang anggota tim peneliti dari Natural History Museum .

Madagaskar adalah pusat keanekaragaman hayati dengan tidak kurang dari 15 family hewan yang unik.
Sayangnya, rumah lahan basah dari Vontsira Durrell terancam oleh ekspansi pertanian. Perlindungan terhadap Vontsira sangat dibutuhkan agar mahluk tersebut dapat bertahan hidup.

Artikel Terkait


Selamat! anda sudah membaca ocehan ga jelas dari saya. Silahakan di copy atau disebarkan ke tempat lain jika dirasa ocehan ini bermanfaat bagi orang lain, tapi jangan lupa sertakan link sumber dari blog ini yaitu blog TheCampurAduk. Terimakasih.
Mau dapat update ocehan TheCampurAduk via email?

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan komen, atau kalau ada yang mau tukeran link blog, saya akan sangat senang sekali. Tinggalkan saja koment tukeran link di salah satu post, pasti akan saya tanggapi. Terimakasih.