Bongkahan Es Raksasa Hanyut di Lautan

Sebuah bongkahan es berukuran empat kali luas Manhattan (260 kilometer) atau hampir setengahnya Jakarta dengan tinggi hampir menyamai Empire State Building (381 meter) mengapung di Laut Arktik di Kutub Utara setelah memisahkan diri dari Glacier Petermann, di sepanjang pantai barat laut Greenland.Dua fasilitas yang kemungkinan berada di jalur yang akan dilewati bongkahan es raksasa ini adalah kilang minyak dan jalur pelayaran. Kerusakan yang bisa ditimbulkan belum bisa diperkirakan. Dalam skenario terburuk, bongkahan es ini akan mencapai kawasan perairan padat lalu lintas di mana bongkahan es lain dari Greenland pernah menenggelamkan kapal Titanic pada 1912.


"Bongkahan es ini sangat besar sehingga kita tidak bisa membuatnya berhenti mengapung dan hanyut," kata Jon-Ove Methlie Hagen, pakar glasier dari Universitas Oslo.Tim ilmuwan sedang sibuk memperkirakan lintasan bongkahan es mengapung yang sekarang sedang bergerak menuju Selat Nares. Selat Nares memisahkan perairan barat laut Greenland dengan Pulau Ellsemere di Kanada.

Gletser Petermann adalah salah satu gletser terbesar yang menghubungkan lapisan es Greenland bagian dalam dengan Samudra Arktik. Gletser ini secara teratur menuju lautan sekitar 1 km per tahun. Selama bulan-bulan sebelumnya, gambar satelit menunjukkan bahwa beberapa retakan telah muncul di permukaan gletser, mengisyaratkan para ilmuwan bahwa pemisahan es memang akan segera terjadi.


Tags: petermann, gletser

Artikel Terkait


Selamat! anda sudah membaca ocehan ga jelas dari saya. Silahakan di copy atau disebarkan ke tempat lain jika dirasa ocehan ini bermanfaat bagi orang lain, tapi jangan lupa sertakan link sumber dari blog ini yaitu blog TheCampurAduk. Terimakasih.
Mau dapat update ocehan TheCampurAduk via email?

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan komen, atau kalau ada yang mau tukeran link blog, saya akan sangat senang sekali. Tinggalkan saja koment tukeran link di salah satu post, pasti akan saya tanggapi. Terimakasih.